Pages

Dasar Pemikiran Katulistiwa 2

Dalam rangka pembangunan nasional, pembangunan bidang pendidikan selalu diarahkan untuk mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan proses untuk meningkatkan pengetahuan manusia, keahlian dan keterampilan, serta kemampuan orang-orang dalam masyarakat. Secara ekonomis, hal ini bisa dijabarkan sebagai proses akumulasi sumber daya manusia dan investasinya secara efektif dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa. Sementara itu, ditinjau dari sudut budaya dan sosial, pembangunan manusia akan membantu kehidupan yang tenteram, kaya tradisi dan kehidupan yang penuh arti bagi masyarakat.

Sistem pendidikan nasional di Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Hal ini akan dapat dicapai jika pembangunan bidang pendidikan berjalan dengan baik dan didukung oleh semua kalangan, termasuk institut perguruan tinggi.

Dalam rangka pengejawantahan salah satu isi Tri Darma Perguruan Tinggi, maka institut perguruan tinggi sebagai perangkat dalam sistem pendidikan nasional mempunyai tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Mahasiswa dengan kapasitas sebagai civitas akademika mempunyai kedudukan penting karena diharapkan mampu menjadi pribadi-pribadi yang mumpuni dan bertanggungjawab atas berhasilnya pembangunan nasional.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan pemikiran dan penalaran mahasiswa. Kegiatan ini juga merupakan salah satu forum kompetitif yang sangat kondusif bagi mahasiswa dalam mengembangkan pribadi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan wawasan ilmiah.

Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, dibutuhkan suatu media bagi mahasiswa lama khususnya untuk berkompetisi dalam berbagai karya ilmiah, dan salah satunya adalah Kompetisi Karya Tulis Tingkat Mahasiswa (KATULISTIWA).

0 komentar:

Posting Komentar

GURUH S P FEAT Rino JAMRUD KHATULISTIWA